Blogroll

open all close all

News Update :

13 Oktober 2012

Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul

Info Yogyakarta - Sewon merupakan salah satu kecamatan yang berada di wilayah administrasi Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Berada di sisi timur laut dari ibukota Kabupaten Bantul. Berdasarkan data BPS tahun 2010 jumlah keseluruhan penduduk Kecamatan Sewon adalah 104.368 0rang dengan jumlah penduduk laki-laki 52.805 orang dan penduduk perempuan 51.563 orang terbagi menjadi 4 desa yaitu Desa Timbulharjo, Desa Bangunharjo, Desa Pendowoharjo, dan Desa Panggungharjo. Informasi statistik mengenai Kecamatan Sewon dapat anda lihat selengkapnya di BPS Kabupaten Bantul di sini.


Alamat Kantor Kecamatan Sewon
Jl. Parangtritis km. 6 Sewon, Bantul, DI Yogyakarta
Telp. (0274) 379168
Google Maps: -7.849321,110.358993


Wilayah Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul berada di dataran rendah Ibukota Kecamatannya berada pada ketinggian 53 meter diatas permukaan laut. Jarak Ibukota Kecamatan ke Pusat Pemerintahan (Ibukota) Kabupaten Bantul adalah 8 Km. Kecamatan Sewon beriklim seperti layaknya daerah dataran rendah di daerah tropis dengan dengan cuaca panas sebagai ciri khasnya. Suhu tertinggi yang tercatat di Kecamatan Sewon adalah 30 ºC dengan suhu terendah 25 ºC. Bentangan wilayah di Kecamatan Sewon 100% berupa daerah yang datar sampai berombak. Kecamatan Sewon dilalui oleh Jalan Parangtritis, Jalan Bantul, Ringroad Selatan dengan batas wilayah: Utara (Kota Yogyakarta), Timur (Kecamatan Banguntapan), Selatan (Kecamatan Jetis dan Bantul), dan batas Barat (Kecamatan Kasihan).

Peta Wilayah Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul DI Yogyakarta
Peta Wilayah Kecamatan Sewon (sumber: id.wikipedia.org)

Informasi Industri di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul
Terdapat sentra industri yang berada di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul yang kebanyakan merupakan kerajinan. Beberapa di antaranya yaitu
  • Pucung, Sentra kerajinan patung kayu primitif.
  • Bangunjiwo, Sentra kerajinan kulit.
  • Sentra industri tempe di Desa Bangunharjo dan Desa Pendowoharjo.
  • Kerajinan patung dari kayu yang tersebar di beberapa wilayah Desa Panggungharjo.

Informasi wisata di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul
Terdapat beberapa tempat wisata yang berada di Kecamatan Sewon, diantaranya:
  1. Museum Budaya Tembi
  2. Tembi Cultural House atau disebut dengan Museum Jawa, Tembi Vilage berlokasi di dusun tembi, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Museum Budaya Tembi merupakan sebuah rumah Jawa tradisional berisi peralatan yang digunakan keseharian oleh masyarakat Jawa tradisional. Peralatan-peralatan yang ditampilkan mulai dari alat kesenian, senjata tradisional masyarakat Jawa, alat permainan anak, alat membatik sampai dengan dengan peralatan pertanian dapur yang semuanya beretnis Jawa.
  3. Pasar Seni Gabusan
  4. Berlokasi di Jalan Parangtritis KM 9, merupakan tempat berkumpulnya hasil kerajinan di wilayah Kabupaten Bantul. Di Pasar Seni Gabusan (PSG) seringkali diadakan even untuk mengenalkan potensi kerajinan dari masyarakat Bantul, salah satunya dengan diadakannya Bantul Expo di sini.
  5. Situs Karang Gede
  6. Berlokasi di Dusun Ngireng-lreng, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Situs Karang Gede berupa Yoni di bagian tengah gundukan tanah yang merupakan tempat yang tertinggi merupakan dataran yang di tumbuhi berbagai jenis pohon. Bangunan dengan pondasi terdiri dari susunan batu gundul dan bagian dinding terdiri dari susunan batu bata.
  7. Panggung Krapyak
  8. Berlokasi di Dusun Krapyak, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Panggung Krapyak pada jaman dahulu berfungsi sebagai tempat peristirahatan dan pengintaian saat kerabat keraton berburu.

Informasi Pendidikan di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul
Institusi pendidikan di wilayah Kecamatan Sewon beberapa di antaranya:
  • Tingkat Sekolah Menengah Pertama
    1. MTs Ali Maksum
    2. SMP Ali Maksum
    3. SMP Negeri Sewon 1
    4. SMP Negeri Sewon 2
    5. SMP Negeri Sewon 3
    6. SMP negeri Sewon 4
  • Tingkat Sekolah Menengah Atas
    1. SMA Negeri Sewon
    2. SMK Negeri 1 Sewon
    3. SMK Negeri 2 Sewon
    4. SMA Ali Maksum
    5. MA Ali Maksum
  • Tingkat Perguruan Tinggi
    1. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI-Yogyakarta)
    2. Akademi Kebidanan (Akbid)
    3. Akademi Tekonologi Kulit (ATK)
    4. Sekolah Tinggi Teknik Kedirgantaraan (STTKD)
  • Sekolah non Formal
    1. Pondok Pesantren Ali Maksum
    2. Pondok Pesantren Al Munawwir
Demikian sekilas informasi wisata, ekonomi, dan pendidikan di wilayah Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.(Info Jogja)
Berbagai ejaan untuk menyebut Yogyakarta karena perbedaan logat maupun bahasa, Jogja, Yogja, Yogyakarta, Jogjakarta, Yogya, Yogyakarta, Jogyakarta, Yogyakarta, Ngayogyokarto, Ngayogjokarto, atau dengan plesetan NewYorkarto memang begitu menarik untuk dikunjungi.

Dengan beragam sebutan sebagai Kota Pelajar, Kota Pendidikan, Kota Wisata, Kota Sejarah, Kota Perjuangan, Kota Budaya, pantas saja jika orang luar penasaran bagaimana suasana kehidupan di Jogja.
 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. JOGJA DAMAI . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger